Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Welcome in Law Office Makmur Jaya, S.Kep., S.H., M.H. & Partners
Hukum Acara Mahkamah Konstitusi
Adv. Makmur Jaya, S.Kep., S.H., M.H. & Rekan )
DEWAN PIMPINAN DAERAH FEDERASI ADVOKAT REPUBLIK INDONESIA (FERARI) PROV. JAWA BARAT
SIDANG PENGADILAN TATA USAHA NEGARA (PTUN)

Bimtek Nasional Etik & Hukum Rumah Sakit sesuai Standar Akreditasi Kementerian Kesehatan 2022/2023

Gambar Pusdiklat LSBSH

makmurjayayahya.com Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/MENKES/1128/2022 tentang Standar Akreditasi Rumah Sakit. Keputusan Menteri Kesehatan ini terbit dalam upaya peningkatan mutu pelayanan rumah sakit dan keselamatan pasien sehingga tercapai tata kelola rumah sakit dan tata kelola klinis yang baik, serta sebagai pelaksanaan program pembangunan kesehatan nasional. Akreditasi adalah pengakuan terhadap mutu pelayanan rumah sakit setelah dilakukan penilaian bahwa rumah sakit telah memenuhi standar akreditasi yang disetujui oleh Pemerintah. Komite Etik dan Hukum Rumah Sakit (KEHRS) dapat dikatakan sebagai suatu badan yang secara resmi dibentuk dengan anggota dari berbagai disiplin perawatan kesehatan dalam rumah sakit yang bertugas untuk menangani berbagai masalah etik yang timbul dalam rumah sakit. Komite etik dan Hukum Rumah Sakit dapat menjadi sarana efektif dalam mengusahakan saling pengertian antara berbagai pihak yang terlibat seperti dokter, pasien, keluarga pasien dan masyarakat tentang berbagai masalah etika hukum kedokteran yang muncul dalam perawatan kesehatan di rumah sakit. Berdasarkan PMK No. 42 Tahun 2018 Tugas, fungsi dan kewenangan dari Komite Etik dan Hukum Rumah Sakit ini adalah salah satunya menyususn Panduan Etik dan Perilaku (Code of Conduct). Pedoaman Etik dan perilaku yang disusun nantinya akan digunakan sebagai standar cerminan dari berbagai norma yang berkaitan dengan pelayanan kesehatan yang meliputi norma etik, tata krama, disiplin, dan norma hukum, yang merupakan bagian dari budaya ruamh sakit untuk mencapai visi dan misi. Pedoman Etik dan perilaku Rumah Sakit diharapkan mampu menjamin kelancaran pelaksanaan tugas dan fungsi sumber daya manusia yang harmonis dan kondusif sehingga implementasinya baik dan benar.

MATERI:

  1. Memahami Peraturan Menteri Kesehatan RI No. 42 Tahun 2018 Tentang Komite Etik & Hukum Rumah Sakit
  2. Teknik Membuat General Consent & Informed Consent
  3. Penyusunan Etika perilaku Code Of Conduct (COC) Pegawai Rumah Sakit
  4. Dilema Etik dalam Pelayanan Kesehatan & Trik penyelesaiannya 
  5. Etika & Hukum Rumah Sakit sesuai Standar Kemenkes Tahun 2022 
  6. Budaya Keselamatan Rumah Sakit
  7. Jenis-jenis Pelanggaran Berdasarkan Kode Etik
  8. Penanganan Pelanggaran Etika Profesi Kesehatan

Info "Bimtek Nasional Etik & Hukum Rumah Sakit sesuai Standar Akreditasi Kementerian Kesehatan 2022/2023". Silahkan klik link di bawah ini:

https://pusdiklatlsbsh.com/bimtek-nasional-etik-hukum-rumah-sakit-sesuai-standar-akreditasi-kementerian-kesehatan-2022-2023/


Posting Komentar untuk "Bimtek Nasional Etik & Hukum Rumah Sakit sesuai Standar Akreditasi Kementerian Kesehatan 2022/2023"

Menyalinkode AMP