Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ANTARA DAS SOLLEN DAN DAS SEIN

 

Bagaimanahukum yang seharusnya dan hukum pada kenyataannya...???

·         Das Sollen merupakan norma hukum, kaidah hukum dsb. Dapat diartikan bahwa das sollen merupakan kaidah dan norma serta kenyataan normatif seperti apa yang seharusnya dilakukan adalah segala sesuatu yang mengharuskan kita untuk berpikir dan bersikap. Contoh dalam praktik jual beli, maka pembeli membayar dengan uang asli dan penjual menyerahkan barang sesuai dengan yang diinginkan pembeli

·        Das Sein adalah segala sesuatu yang merupakan implementasi dari segala hal yang kejadiannya diatur oleh das sollen dan mogen. Ketika melakukan jual beli, kita wajib mematuhi norma yang ada. Pembeli menyerahkan uang dan penjual menyerahkan barang. Jika uang yang diserahkan tidak sesuai atau barang yang diberikan tidak sesuai, maka akan menimbulkan konsekuensi hukum.

Norma/Kaidah

Hukum sebagai norma atau kaidah memiliki substansi atau isi dan bentuk. Substansi hukum terdiri dari unsur-unsur hukum. Unsur-unsur hukum hukum dimaksud menurut Purnadi Purbacaraka dan Soerjono Soekanto. Mencakup unsur idiil dan unsur riil.  Unsur idiil tersebut mencakup hasrat susila dan rasio manusia. Hasrat susila menghasilkan asas-asas hukum (rechtsbeginselen) misalnya : tidak ada hukuman tanpa kesalahan, sedangkan rasio manusia menghasilkan pengertian-pengertian hukum (rechtsbegrippen), misalnya subyek hukum, hak dan kewajiban dan lain sebagainya. Unsur riil terdiri dari manusia, kebudayaan materiil dan lingkungan alam. Apabila unsur idiil kemudian menghasilkan kaidah-kaidah hukum melalui filsafat hukum dan normwissenchaft atau sollenwissenschaft, maka unsur riil kemudian menghasilkan tata hukum.  


Sumber :

-   Sadjijono, Hukum Antara Spllen dan Sein (Dalam Perspektif Praktik di Indonesia), Laksbang,Surabaya, 2017.

-        http://www.sumberilmuhukum.com

-        https://www.makmurjayayahya.com/2020/10/normal-0-false-false-false-in-x-none-x.html

Posting Komentar untuk " ANTARA DAS SOLLEN DAN DAS SEIN"

Berlangganan via Email