Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11 bunga yang dapat dikonsumsi dan faedah kesehatannya

makmurjayayahya.com - Saya berpikir seluruh orang senang memperoleh buket bunga sebagai hadiah. Hadiah semacam itu membahagiakan mata saat mendekorasi apartemen kami. Tetapi tahukah Anda jika beberapa bunga bukan hanya mempunyai peranan seni, tapi bisa juga dikonsumsi?

Bunga yang bisa di komsumsi dipakai dalam bermacam style kulineran dan bisa diketemukan di menu restaurant nyaris di penjuru dunia.

Tidak seluruhnya bunga aman untuk dikonsumsi, tapi bunga yang ada bisa tawarkan rasa dan warna yang unik untuk banyak sajian. Bisa ditambah ke salad, sauce, minuman, dan makanan pembuka. Sebagian dari mereka bahkan bisa saja mempunyai faedah kesehatan tertentu.


Berikut 11 bunga yang bisa dikonsumsi dengan faedah kesehatan prospektif.

11 bunga yang dapat dikonsumsi dan faedah kesehatannya

Sumber gambar : pixabay.com


1. Kembang sepatu

Tanaman kembang sepatu hasilkan bunga hias besar yang umumnya tumbuh di cuaca tropis dan subtropis di penjuru dunia. Ada beberapa ratus spesies kembang sepatu, tapi varietas yang terpopuler untuk dikonsumsi dikenali sebagai rosela atau kembang sepatu sabdariffa.

Bunga kembang sepatu dapat dengan diameter sampai 15 cm dan ada dalam bermacam warna - terhitung merah, putih, kuning, dan bermacam corak merah muda.

Kembang sepatu, walau terkadang dibudidayakan untuk maksud hias ketat, dikenal juga untuk kepentingan kulineran dan penyembuhannya. Anda dapat mengonsumsi bunganya langsung dari tanamannya, tapi umumnya dipakai untuk teh, bumbu, selai, atau salad.

Banyak budaya minum teh kembang sepatu untuk manfaat pengobatannya. Beberapa riset memperlihatkan jika kembang sepatu bisa menolong turunkan penekanan darah dan kandungan cholesterol, walau dibutuhkan semakin banyak riset untuk lebih pahami bagaimana kembang sepatu bisa memberikan dukungan kesehatan jantung.

Teh dari bunga ini warna merah ceria dan mempunyai rasa asam, cukup asam. Minuman ini bisa dihidangkan panas, tapi benar-benar beri kesegaran dengan es pada hari musim panas.


2. Dandelion

Dandelion paling dikenali sebagai gulma taman yang bandel. Tetapi, kebenaran mereka ada di dapur sebagai bunga yang paling bergizi.

Dandelion mempunyai bunga kecil - berdiameter seputar 1-1,5 inch (2-4 cm) - dengan beberapa kelopak kecil warna kuning muda. Mereka sediakan bermacam senyawa tanaman yang dikenali mempunyai karakter anti-oksidan kuat.

Menariknya, bunga bukan salah satu sisi dandelion yang dapat Anda makan. Tiap sisi yang disebutkan gulma ini bisa dimakan - terhitung akar, tangkai dan daunnya.

Terdapat beberapa pilihan untuk makan dandelion. Bunganya dapat dikonsumsi mentah, sendiri, atau dimasukkan pada dalam salad. Mereka dapat dilapis tepung roti dan dimasak atau dipakai untuk bikin pengawet dan tincture.

Akarnya kerap dipakai dalam teh, sedang sisi hijaunya dapat dikonsumsi mentah sebagai salad atau lauk. Mereka bisa juga diolah dengan semur, casserole, atau sajian yang lain memerlukan banyak sayur.


3. Lavender

Lavender ialah ramuan bunga yang awalannya tumbuh di sejumlah sisi Afrika utara dan Mediterania. Bunga ungu benar-benar kecil tetapi melimpah.

Lavender kemungkinan paling dikenali sebab wewangiannya yang unik yang dipandang sebab manfaatnya yang menentramkan.

Gabungan aroma dan warna jadikan lavender sebagai tambahan yang paling dicintai untuk bermacam jenis makanan, terhitung makanan yang dipanggang, sirup, minuman keras, teh herbal, rempah-rempah kering, dan kombinasi herbal.

Rasanya pas dengan bahan manis dan renyah. Ia benar-benar pas dengan beberapa bahan seperti jeruk, blueberry, rosemary, sage, thyme dan coklat.

Saat mengolah dengan lavender, yang terhebat ialah mengawali dalam jumlah kecil dan perlahan meningkatkannya sampai Anda memperoleh rasa yang Anda harapkan, sebab benar-benar gampang untuk terlalu berlebih dan memperoleh rasa yang begitu kuat.


4. Honeysuckle

Ada nyaris 200 spesies honeysuckle, tapi yang terpopuler ialah varietas Jepang dan kayu. Bunga wangi, umumnya kuning atau putih pucat, menjaga nektar yang bisa langsung dimakan dari bunganya.

Honeysuckle penting dalam penyembuhan tradisionil Tiongkok sepanjang beratus-ratus tahun.

Bunga dan konsentratnya dikonsumsi atau dibalurkan di kulit untuk menyembuhkan bermacam infeksi. Tetapi, efektifitasnya sebagai therapy terapeutik untuk manusia belum juga bisa dibuktikan secara ilmiah.

Di dunia kulineran, honeysuckle tersering dipakai untuk bikin teh atau sirup wewangiantik yang harum.

Anda dapat memakai sirup untuk mempermanis es teh, limun, yogurt dan sorbet, atau sebagai alternatif gula dalam resep cepat sajian.

Walau bunga honeysuckle dan nektarnya benar-benar aman untuk dikonsumsi, lihat jika beberapa varietas berikan menjadi toksin bila dimakan dengan jumlah banyak.


5. Nasturtium

Ini ialah bahan kulineran favorite sebab bunganya yang ceria, beragam warna, dan rasa pedas yang unik.

Baik daun dan bunga dari nasturtium dapat dikonsumsi dan bisa dikonsumsi diolah atau mentah. Mereka mempunyai profile rasa pedas, sedikit pedas , walau bunganya sendiri lebih halus dibanding daunnya.

Bunga berupa corong umumnya memiliki warna jingga ceria, merah atau kuning. Mereka ialah dekor yang cantik untuk kue, kue, dan salad.

Daunnya bundar dan seperti kelopak bunga lili kecil. Mereka benar-benar halus hingga Anda dapat memakainya sebagai salad atau menambahkannya untuk pesto.

Nasturtium bukan hanya bahan serbaguna dan menarik, tapi juga bergizi - memiliki kandungan banyak mineral dan senyawa yang tingkatkan kesehatan dengan karakter anti-oksidan dan anti-inflamasi.


6. Kebosanan

Borage atau bunga bintang ialah ramuan yang hasilkan bunga berupa bintang yang lembut. Bunganya umumnya memiliki warna biru , tapi juga bisa warna putih atau merah muda.

Dalam penyembuhan herbal, borage dipakai untuk menyembuhkan penyakit enteng seperti sakit kerongkongan atau batuk. Tetapi, riset pada manusia yang memberikan dukungan keefektifannya sebagai therapy klinis bisa diacuhkan.

Tidak ada kekurangan langkah untuk memakai borage di dapur sebab bunga dan daunnya dapat dikonsumsi. Bunganya kerap dilukiskan mempunyai rasa yang sedikit manis seperti ketimun dan madu.

Bunga bisa dikonsumsi fresh dalam salad atau sebagai tambahan untuk makanan penutup dan smoothie - bunga bisa diolah dan ditambah ke sup, sauce atau pasta isi. Borage bisa juga dihidangkan sebagai suplemen nabati berdikari.


7. Krokot

Ini sedap, hasilkan bunga kuning kecil dan lebat, daun berdaging - ke-2 nya dapat dikonsumsi dan dapat dikonsumsi diolah atau mentah.

Secara bersejarah, krokot dipandang tidak kurang bernilai dari gulma taman. Tetapi, belakangan ini tanaman kecil ini makin terkenal sebab kandung nutrisinya yang kaya.

Itu dibungkus dengan vitamin, mineral, dan anti-oksidan, tapi claim paling besar untuk kepopuleran gizi ialah kandung lemak omega-3. Krokot sediakan semakin banyak omega-3 dibanding sebagian besar tipe sayur yang lain.

Bunga dan daun krokot bisa dihidangkan mentah dalam banyak salad dan sandwich. Mereka bisa juga dimasak atau dikukus dengan sayur lain sebagai lauk atau ditambah ke sup favorite Anda. Anda bahkan bisa saja menimbang untuk coba tanaman goreng ini.


8. Mawar

Ada lebih dari 150 spesies mawar yang ada pada hampir semua ukuran dan warna yang dapat dipikirkan. Sisi terbaik ialah semua dapat dikonsumsi. Tetapi, tidak seluruhnya mawar mempunyai rasa yang serupa.

Ketentuan ringkas yang bagus di dalam pilih mawar wewangiantik ialah bila baunya nikmat, kemungkinan rasanya nikmat. Cuman sereal yang dikonsumsi.

Mereka mempunyai rasa yang paling wewangiantik, bunga dan sedikit manis.

Mereka dapat dikonsumsi mentah, digabung dengan bermacam buah atau salad hijau, atau dikeringkan dan ditambah ke kombinasi muesli atau herbal.

Kelopak mawar fresh bisa juga dilumatkan dan ditambah ke cairan untuk bikin infus wewangian merah muda, pengawet dan cermat. Kelopak mawar cincang yang ditambah dengan gula atau mentega memberi watak unik pada bahan biasa yang lain.

Seperti banyak bunga yang bisa dikonsumsi yang lain, mawar bisa tawarkan faedah kesehatan. Beberapa riset memperlihatkan jika senyawa tertentu dalam bunga mawar bisa berperanan dalam kurangi kekhawatiran dan membuat lebih gampang untuk santai.


9. Bunga Zucchini

Bila Anda pernah menanam zucchini di kebun Anda, Anda kemungkinan tahu sedikit mengenai bunganya yang halus. Tetapi, Anda kemungkinan tidak paham jika bunga-bunga ini dapat dikonsumsi seperti zucchini tersebut.

Bunga zucchini warna kuning pucat dengan wujud lonceng bundar panjang. Bunga ini dapat dikonsumsi mentah sebagai lauk atau dicincang dan ditambah ke salad. Bila Anda sedang pengin melakukan eksperimen, opsi sedap yang lain ialah isi bunga dengan keju herbal dan menggoreng atau memanggangnya sampai kelopak yang halus gurih.

Anda tak perlu mempertaruhkan hasil panen untuk nikmati makan bunga. Cuman bunga betina yang dapat beralih menjadi zucchini, jadi teruslah makan bunga jantan untuk pastikan panen sukses.

Bunga jantan mempunyai tangkai yang panjang dan tipis dan umumnya tumbuh di seputar pinggir luar tanaman. Bunga betina condong dekati sisi tengah tanaman.


10. Pansy

Pansy cukup nikmat untuk dikonsumsi. Bunga ini bkecil berdiameter seputar 2-3 inch (5-8 cm). Anda dapat memperolehnya dalam bermacam warna, tapi warna yang umum ialah ungu, biru, dan kuning. Mereka mempunyai lima kelopak bunga yang sama-sama bertumpang-tindih dengan tempat gelap di tengah-tengahnya yang seperti bintik tinta.

Umumnya, pansy mempunyai rasa yang halus, fresh dan sedikit bunga - walau ada banyak macam rasa bergantung pada macamnya.

Sebab pansy dapat mempunyai banyak macam warna, pansy menjadi tambahan dekorasi yang prima untuk makanan penutup seperti kue, biskuit, dan biskuit.

Pansy bisa juga dicincang lembut dan ditambah ke salad hijau simpel untuk semakin banyak warna dan struktur.

Kecuali jadi pelengkap makanan yang unik, pansy adalah sumber yang kaya dari beberapa senyawa tanaman kuat yang dijumpai mempunyai karakter anti-oksidan dan anti-inflamasi.


11. Kamomil

Chamomile ialah ramuan bunga yang sudah dipakai dalam masakan dan penyembuhan tradisionil sepanjang beratus-ratus tahun. Kamomil kerap dikonsumsi untuk kurangi kekhawatiran dan tingkatkan kualitas tidur.

Bunganya benar-benar serupa aster, walau semakin lebih kecil. Mereka memberi rasa yang sedikit manis dan bersahaja pada sajian yang diolah.

Umumnya resep memerlukan bunga cair untuk dipanaskan untuk keluarkan rasa dan senyawa bioaktifnya. Daun dan bunganya umumnya dikeringkan dahulu, tetapi dapat dipakai fresh.

Walau umum dipakai untuk teh chamomile, bunganya dapat dipakai untuk sirup atau infus yang lain dan untuk memanggang, smoothie, atau makanan penutup.

Itulah bunga yang dapat di komsumsi dan ada faedahnya untuk kesehatan semoga infonya bisa bermanfaat bagi kalian.


5 komentar untuk "11 bunga yang dapat dikonsumsi dan faedah kesehatannya"

  1. Banyak bunga yang saya ga tau, coba ada gambarnya 😁 jangan lupa mampir ke blog warkasa1919.com dan rumahfiksi.com🙂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap.. bu, thank's atas kunjungannya 🙏

      Hapus
  2. Sayang banyak bunga yang tahu namanya saja. Tak kenal wujudnya. Selamat malam, Mas.

    BalasHapus

Berlangganan via Email