Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Welcome in Law Office Makmur Jaya, S.Kep., S.H., M.H. & Partners
Hukum Acara Mahkamah Konstitusi
Adv. Makmur Jaya, S.Kep., S.H., M.H. & Rekan )
DEWAN PIMPINAN DAERAH FEDERASI ADVOKAT REPUBLIK INDONESIA (FERARI) PROV. JAWA BARAT
SIDANG PENGADILAN TATA USAHA NEGARA (PTUN)

Mengenal perbedaan tanda tangan elektronik dan tanda tangan digital

 
makmurjayayahya.com - Sebagaimana kita ketahui bahwa setiap orang mempunyai ciri khas tanda tangan, tanda tangan ada yang manual, elektronik bahkan digital, pada artikel ini saya akan menjelaskan bagaimana membedakan antara tanda tangan elektronik dengan tanda tangan digital sebagai berikut :  

A. Tanda tangan elektronik 

Tanda tangan elektronik, seperti padanan kertasnya, adalah merupakan konsep hukum. Berdasarkan US Electronic Signatures in Global and National Commerce Act, tanda tangan elektronik adalah "suara elektronik, simbol, atau proses yang dilampirkan ke, atau terkait dengan, kontrak atau rekaman lain dan diadopsi oleh seseorang dengan maksud untuk menandatangani merekam." Menurut Amerika Serikat Tanda Tangan Elektronik dalam Perdagangan Global dan Nasional (ESIGN) Act (2000) mendefinisikan "tanda tangan elektronik" sebagai "suara, simbol, atau proses elektronik, yang dilampirkan ke, atau secara logis terkait dengan kontrak atau rekaman lain yang dihasilkan, dikirim, dikomunikasikan, diterima, atau disimpan dengan cara elektronik."

Dalam praktiknya, tanda tangan elektronik sering kali hanyalah gambar tanda tangan tulisan tangan (paling umum dibuat dengan jari atau stylus pada panel sentuh atau layar). Solusi penandatanganan elektronik juga dapat mencakup metode autentikasi elektronik satu atau beberapa faktor (mis. PIN, kata sandi, otentikasi email, dll.)

Tanpa informasi yang lebih spesifik tentang proses dan teknologi yang digunakan, istilah "tanda tangan elektronik" tidak menyiratkan jaminan validasi pihak ketiga dari penandatangan dokumen, atau integritas konten dokumen sejak ditandatangani. Ini dapat menyebabkan beberapa praktik buruk - misalnya, pemilik perusahaan bekerja sebelumnya hanya memindai tanda tangan mereka yang dapat disisipkan ke dalam kontrak. Secara teknis itu adalah "tanda tangan elektronik" menurut hukum AS, tetapi kita dapat dengan mudah melakukan lebih baik dari itu. Tanda tangan elektronik mempunyai 2 kunci yakni privat dan publik, kunci privat hanya diketahui dan dikuasai oleh penanda tangan, sedangkan kunci publik bersifat informasi publik sebagai informasi yang digunakan untuk memvalidasi tanda tangan digital seseorang. Pasangan kunci beserta dengan sertifikat elektronik diterbitkan dan dikelola oleh penyelenggara sertifikasi elektronik atau Certification Authority (CA), sebagaimana diatur secara umum dalam Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 perubahan atas UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) dan Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2019 perubahan atas PP  82/2012 Tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik (PP PSTE).

B. Tanda tangan digital

Tanda tangan digital, di sisi lain, mengacu pada teknologi enkripsi / dekripsi di mana solusi tanda tangan elektronik dibuat. Tanda tangan digital Tidak seperti tanda tangan elektronik sederhana, a tanda tangan digital menggunakan PKISertifikat digital berbasis yang dikeluarkan oleh otoritas sertifikat (CA) yang mengikat identitas (seperti orang atau perusahaan) ke pasangan kunci kriptografi. Ketika sebuah dokumen ditandatangani secara digital dengan kunci pribadi penandatangan, konten persis dokumen dan identitas penandatangan terikat bersama untuk membentuk sidik jari digital yang unik, memastikan :

• Autentikasi. Identitas penanda tangan dokumen telah divalidasi oleh CA terpercaya publik.
• Integritas. Isi dokumen belum diubah sejak ditandatangani.
• Non-penolakan. Penandatangan tidak dapat menyangkal bahwa mereka menandatangani dokumen. (sumber: ssl.com)

Perhatikan bahwa dalam Adobe Acrobat, jenis tanda tangan digital khusus yang dikenal sebagai a tanda tangan sertifikasi opsional dapat mengizinkan modifikasi terbatas pada dokumen yang ditandatangani, seperti penambahan tanda tangan persetujuan dari pihak lain.

Sebaliknya, enkripsi tanda tangan digital mengamankan data yang terkait dengan dokumen yang ditandatangani dan membantu memverifikasi keaslian catatan yang ditandatangani. Digunakan sendiri, itu tidak bisa menangkap maksud seseorang untuk menandatangani dokumen atau terikat secara hukum pada perjanjian atau kontrak.

Solusi yang hanya menandatangani dokumen secara digital sering kali tidak memiliki rangkaian fitur yang biasa ditemukan dalam solusi tanda tangan elektronik terbaik di kelasnya, termasuk antarmuka pengguna (UI) out-of-the-box, serta manajemen transaksi dan kemampuan kustomisasi alur kerja tingkat lanjut yang digunakan dalam transaksi yang lebih kompleks yang menyentuh pelanggan.

Intinya adalah ketika mencari solusi untuk mengelola proses penandatanganan Anda, penting untuk memastikan bahwa itu dibangun di atas teknologi tanda tangan digital untuk menjamin integritas dokumen dan tanda tangan yang mendasarinya. Tanpa tanda tangan digital, transaksi berbasis dokumen Anda mungkin tidak mengikat secara hukum, menempatkan Anda dan organisasi Anda dalam risiko jika terjadi kepatuhan atau kasus hukum. Demikian artikel dari saya semoga bermanfaat...

2 komentar untuk "Mengenal perbedaan tanda tangan elektronik dan tanda tangan digital "

Menyalinkode AMP