Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Welcome in Law Office Makmur Jaya, S.Kep., S.H., M.H. & Partners
Hukum Acara Mahkamah Konstitusi
Adv. Makmur Jaya, S.Kep., S.H., M.H. & Rekan )
DEWAN PIMPINAN DAERAH FEDERASI ADVOKAT REPUBLIK INDONESIA (FERARI) PROV. JAWA BARAT
SIDANG PENGADILAN TATA USAHA NEGARA (PTUN)

Menjalani proses kehamilan dan persalinan di masa pandemic covid-19


Penulis : Dian AstI NF

makmurjayayahya.comProses kehamilan dan persalinan merupakan proses yang dinantikan bagi setiap ibu  namun di dalam proses ini banyak dilema dan rasa kehawatiran dalam menjalankannya terutama untuk ibu muda dan pada masa pandemi covid-19 seperti sekarang ini. Sungguh tidak mudah dan pastinya banyak ibu hamil yang psikisnya meningkat padahal ibu hamil tidak boleh stres apalagi dimasa pandemi covid-19 ini semua orang harus memiliki imun yang bagus dan dan tidak boleh stress karena itu bisa mempengaruhi imun tubuh, salah satu  yang membuat ibu hamil cemas selain menghadapi persalinan adalah menentukan tempat persalinan yang aman dimasa pandemi covid-19 ini, karena angka peningkatan pasien dengan covid-19 yang semakin meningkat  yang mengakibatkan sebagian besar rumah sakit sudah dipenuhi dengan pasien covid-19.

Untuk mencegah terjadinya peningkatan pasien dengan covid-19 banyak upaya pemerintah tenaga medis dan tenaga kesehatan yang dilakukan diantaranya adalah persyaratan melahirkan harus ada bukti hasil swab ataupun rapid untuk kita dan keluarga yang akan mendampingi saat kita melahirkan dan untuk menunggu hasil itu memerlukan keberanian karena untuk menunggu hasilnya  itu membuat rasa cemas  meningkat karena takut hasilnya positif entah itu hasil dari kita ataupun suami yg akan mendampingin.

Salah satu tips dari pengalaman saya hamil dan melahirkan dimasa pandemi ini adalah mindset terhadap diri kita yakinkan diri kita, si buah hati dan keluarga kita baik baik saja, yakin  pada setiap rencana Allah adalah yang terbaik, selalu jaga kesehatan konsumsi buah dan sayur contoh buah tradisional kunir untuk meningkatkan imun dan selalu bahagia, ajak si buah hati berkomunikasi dari hati bunda yang terdalam bahwa bunda dan sibuah hati akan kompak dalam melewati masa persalinan akan lancar. Jika bunda ingin melakukan swab PCR lakukanlah 14 hari atau lebih sebelum taksiran persalinan karena jika bunda ternyata terpapar covid-19 maka bunda ada waktu untuk isolasi mandiri selama 14 hari tetapi bunda dalam mengambil keputusan harus memikirkan dengan tenang dan saling komunikasi dengan pasangan dan memikirkan risiko yg terjadi agar setiap perjalanan yg dihadapi itu terasa tenang dan tidak mengakibatkan stres meningkat serta jangan lupa konsultasi selalu kepada dokter dan tenaga kesehan.

Jika anda terkena covid-19 pasca kehamilan dan persalinan, cari informasi rumah sakit, konsultasi via online dan  rumah sakit rujukan yang menangani persalinan dengan covid-19. Hilangkan stigma negatif dari diri, tenangkan dan percayakan kepada tenaga kesehatan yg menangani ... ingat Anda tidak sendiri. Ingat cemas berlebihan itu hanyalah memikirkan sesuatu yang belum tentu terjadi dan hanya akan membuat fikiran tidak tenang, nafsu makan menurun atau meningkat, susah tidur dan bahkan susah menikmati hidup ... jadi mari bersama belajar mengedalikan cemas yang berlebihan dan munculkan dalam diri kita dan janin energi- energi positif agar tubuh terasa relax lebih bersemangat lagi jika tubuh kita sudah terasa sangat lelah dan cemas pejamkan mata angkat kepala mengadah ke atas langit tarik napas  dalam serilex mungkin  berterimakasih kepada tubuh yg selama ini sudah bejuang tanpa imbalan ☺️ Buka mata dan jangan lupa senyum semangat yakin ada Allah yg selalu memberikan rencana  indah di balik semua cerita.

Demikian artikel dari saya semoga bermanfaat.. tetap patuhi protokol kesehatan semoga kita semua terhindar dari covid-19 dan sehat selalu.. Aamiin




6 komentar untuk "Menjalani proses kehamilan dan persalinan di masa pandemic covid-19"

  1. Ternyata manajemen stres ttp jadi poin penting ya Pak. Terima kasih atas ulasannya. Salam hangat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Pak.. terima kasih kembali atas kunjungannya.. Salam sukses

      Hapus
  2. Wahh mantap manajemen stress ternyata jadi point penting

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener bu, stress juga berpengaruh terhadap proses kehamilan dan persalinan.. Terimakasih bu sudah berkunjung, salam sukses

      Hapus
Menyalinkode AMP