Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Royal Q adalah Aplikasi Robot Trading Khusus Cryptocurrency
Royal Q is High-tech Trading Robot application
Robot RQ dapat melakukan Trading 24 jam 7 hari nonstop di Market Terbesar No. 1 Dunia di Binance dan Huobi Global)
Royal Q The Most Credible Intelligent Quantitative Robot
The Royal Q Quantification system Adopts a Multy-Strategy, Multi- Technology Fusion Intelligent Quantification Mechanism

Waspadai Demam Berdarah dengan 3M Plus

makmurjayayahya.com hey sobat berjumpa lagi pada artikel kesehatan tentang demam berdarah. Demam berdarah adalah penyakit yang disebarkan oleh virus Dengue dan di tularkan melalui gigitan nyamuk Demam berdarah (Aedes Aegypti) yang perlu di waspadai karena dapat menyebabkan kematian. Kasus demam berdarah biasanya  terjadi karena perilaku hidup masyarakat yang kurang memperhatikan kebersihan lingkungan. Oleh karena itu mari sobat semuanya untuk selalu memperhatikan kebersihan lingkungan kita masing-masing.

Cara berkembang biak nyamuk demam berdarah adalah berkembang biak di tempat-tempat penampungan air bersih di dalam rumah maupun di sekitar lingkungan seperti : bak mandi, tempayan drum, tempat minum burung, vas bunga, atau pot tanaman air, kaleng bekas, dan bekas botol, tempurung kelapa, dan plastik yang di buang di sembarang tempat. Talang air yang rusak dan saluran air hujan yang tidak lancar atau potongan bambu yang berlubang. Nyamuk Aedes aegypti tidak dapat berkembang biak di selokan got atau kolam yang airnya langsung berhubungan dengan tanah 

A. Ciri-ciri nyamuk aedes aegypti

  • Berwarna hitam dengan belang-belang (loreng) putih pada seluruh tubuh
  • Nyamuk aedes aegypti aktif menggigit pada pagi sampai sore hari
  • Biasanya di tempat yang agak gelap dan lembab
  • Jarak terbang setinggi 100 meter
  • Jentik selalu bergerak aktif dalam air dari bawah ke atas permukaan secara berulang-ulang
  • Tempat hinggap yang disenangi nyamuk aedes aegypti adalah benda yang tergantung seperti pakaian, kelambu, atau tumbuh-tumbuhan di dekat tempat berkembang biaknya.

B. Gejala Awal Penyakit DBD

Penyakit DBD harus mendapatkan penanganan medis, penderita dan keluarga harus mengetahui gejala awal penyakit DBD. Berikut ini adalah beberapa gejala demam berdarah dengue yang dapat dikenali : 

  1. Mendadak panas tinggi.  Demam mungkin sering terjadi pada banyak penyakit. Namun, pada DBD demam terjadi secara mendadak dan banyak orang yang tidak tahu perbedaan demam biasa dengan demam yang disebabkan oleh DBD. Perbedaan yang kontras antara gejala demam berdarah dengan gejala demam lainnya adalah demam DBD bisa mencapai 40 derajat Celsius. Demam yang terjadi akibat flu dan infeksi dari virus atau bakteri biasanya disertai dengan gejala bersin atau batuk, sedangkan gejala demam pada DBD tidak demikian. Demam pada DBD bisa terjadi selama dua sampai tujuh hari. Gejala DBD ini juga dapat terjadi pada anak-anak.
  2. Nyeri Otot. Setelah gejala demam terjadi, pengidap DBD akan merasakan nyeri pada beberapa bagian tubuh, seperti belakang mata, otot, sendi, serta tulang. Gejala ini biasanya disertai dengan tubuh menggigil dan berkeringat. Hal ini dapat terjadi pada 4 hingga 10 hari awal saat virus dengue memasuki tubuh. Nyeri otot dapat terjadi bersamaan dengan demam tinggi serta sakit di kepala dan juga dapat menjadi gejala dbd pada anak
  3. Sakit Kepala Parah. Beberapa jam setelah mengalami demam, gejala selanjutnya yang akan muncul adalah sakit kepala parah. Biasanya, rasa sakit terjadi di sekitar dahi. Sakit kepala parah juga disertai dengan rasa nyeri pada bagian belakang mata. Ini merupakan gejala umum yang sering terjadi. Mungkin dengan mengonsumsi beberapa obat sakit kepala dapat membuat gangguan ini mereda untuk sementara.
  4. Mual dan Muntah. Gejala DBD lainnya yang dapat terjadi pada anak-anak dan orang dewasa adalah mual dan muntah. Gangguan ini juga termasuk dalam masalah pencernaan, sehingga juga dapat menimbulkan rasa tidak nyaman pada perut atau punggung. Masalah ini dapat terjadi selama dua hingga empat hari setelah paparan virus masuk dan menyerang di tubuh.
  5. Kelelahan. Demam disertai nyeri otot dan masalah pencernaan yang terjadi pada pengidap DBD dapat menurunkan nafsu makan. Hal ini tentu menyebabkan tubuh menjadi kelelahan, karena kurangnya asupan makanan dan sistem imun tubuh yang melemah. Maka dari itu, jika gejala DBD ini terjadi pada anak-anak atau orang dewasa, ada baiknya untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Dengan mendapatkan diagnosis lebih cepat, tentu penanganan yang lebih baik dapat dilakukan. Hal ini mampu untuk menghindari segala komplikasi berbahaya yang dapat disebabkan oleh virus dengue akibat gigitan nyamuk ini. 

C. Penanganan bila timbul gejala awal  

  1. Kompres agar panasnya turun
  2. Beri minum sebanyak mungkin
  3. Berikan obat penurun panas

D. Gejala Lanjut Penyakit DBD 

  • Terkadang terjadi pendarahan di hidung (mimisan) dan di bawah kulit
  • Kadang terjadi muntah atau BAB Berdarah
  • Bila sudah parah penderita gelisah tangan dan kaki dingin serta berkeringat.
  • Bila tidak segera di tolong dapat menyebabkan kematian

E. 3M Plus

Di rangkum dari Promkes Kementerian Kesehatan bahwa 3M Plus adalah tindakan yang dilakukan secara teratur untuk memberantas jentik dan menghindari gigitan nyamuk demam berdarah dengan cara sebagai berikut : 

  1. Menguras, merupakan kegiatan membersihkan/menguras tempat yang sering menjadi penampungan air seperti bak mandi, kendi, toren air, drum dan tempat penampungan air lainnya. Dinding bak maupun penampungan air juga harus digosok untuk membersihkan dan membuang telur nyamuk yang menempel erat pada dinding tersebut. Saat musim hujan maupun pancaroba, kegiatan ini harus dilakukan setiap hari untuk memutus siklus hidup nyamuk yang dapat bertahan di tempat kering selama 6 bulan.
  2. Menutup, merupakan kegiatan menutup rapat tempat-tempat penampungan air seperti bak mandi maupun drum. Menutup juga dapat diartikan sebagai kegiatan mengubur barang bekas di dalam tanah agar tidak membuat lingkungan semakin kotor dan dapat berpotensi menjadi sarang nyamuk.
  3. Memanfaatkan. Mendaur ulang barang bekas/limbah barang bekas yang bernilai ekonomis (daur ulang), kita juga disarankan untuk memanfaatkan kembali atau mendaur ulang barang-barang bekas yang berpotensi menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk demam berdarah.

F. Plus Mencegah perkembangan nyamuk aedes aegypti

Yang dimaksudkan Plusnya adalah bentuk upaya pencegahan tambahan seperti berikut:

  • Memelihara ikan pemakan jentik nyamuk
  • Menggunakan obat anti nyamuk
  • Memasang kawat kasa pada jendela dan ventilasi
  • Gotong Royong membersihkan lingkungan
  • Periksa tempat-tempat penampungan air
  • Meletakkan pakaian bekas pakai dalam wadah tertutup
  • Memberikan larvasida pada penampungan air yang susah dikuras
  • Memperbaiki saluran dan talang air yang tidak lancar
  • Menanam tanaman pengusir nyamuk

Kenali tanda dan gejala demam berdarah dengue (DBD) bila terjadi gejala awal segera hubungi fasilitas pelayanan kesehatan supaya sembuh dari penyakit ini. Semoga artikel ini dapat bermafaat dan di manfaatkan untuk keluarga sobat semua. Salam sehat selalu.. 

Sumber : Promkes & Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Kesehatan Republik Indonesia


1 komentar untuk "Waspadai Demam Berdarah dengan 3M Plus"

  1. Nyamuk di rumah saya bukan belang2 loreng. Dia kecil, tapi gigitannya gatal, sakit. Yang hitam putih itu banyak di kebun karet. He he ... Selamat sore, cucunda.

    BalasHapus