Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Royal Q adalah Aplikasi Robot Trading Khusus Cryptocurrency
Royal Q is High-tech Trading Robot application
Robot RQ dapat melakukan Trading 24 jam 7 hari nonstop di Market Terbesar No. 1 Dunia di Binance dan Huobi Global)
Royal Q The Most Credible Intelligent Quantitative Robot
The Royal Q Quantification system Adopts a Multy-Strategy, Multi- Technology Fusion Intelligent Quantification Mechanism

Tanda - tanda penyakit jantung yang mesti diketahui

Jangan biarkan Penyakit Jantung Koroner mengancam jiwa Anda.. !

makmurjayayahya.com Heii Sobat berjumpa lagi.. Bagaimana kabarnya? Semoga baik dan selalu sehat ya.. Baik, pada artikel ini mimin akan sharing informasi tentang Penyakit Jantung Koroner (PJK) yang merupakan penyakit yang dapat terjadi saat pembuluh darah pada jantung atau dikenal sebagai arteri koroner mengalami sumbatan yang disebabkan oleh timbunan lemak. Pembuluh darah arteri akan semakin sempit ketika timbunan lemak semakin besar. Akhirnya aliran darah menuju jantung pun menurun sehingga menimbulkan gejala berupa sesak napas.

 

Dibawah ini beberapa jenis penyakit jantung yang perlu sobat ketahui kemudian pada artikel ini mimin akan membahas tentang Penyakit Jantung Koroner (PJK)

  1. Serangan jantung
  2. Aritmia
  3. Fibrilasi atrium
  4. Gagal jantung
  5. Perikarditis
  6. Kardiomiopat
  7. Penyakit katup jantung
  8. Penyakit Jantung Koroner (PJK)

Penyakit Jantung Koroner (PJK)

Penyakit Jantung Koroner (PJK) adalah kondisi ketika pembuluh darah utama yang memberi pasokan darah, oksigen, dan nutrisi untuk jantung menjadi rusak. Biasanya kondisi ini disebabkan oleh plak kolesterol dan proses peradangan.

Pembentukan plak tersebut menyebabkan penyempitan pada arteri koroner dan menurunkan airan oksigen ke jantung. Hal inilah yang bisa menyebabkan nyeri dada.

Penyakit Jantung Koroner (PJK) merupakan penyebab kematian tertinggi di dunia dan di Indonesia. Penyakit ini seringkali menyebabkan kematian mendadak tanpa adanya gejala yang mendahuluinya.

Penyakit Jantung Koroner (PJK) terjadi akibat ketidakseimbangan antara kebutuhan oksigen pada otot jantung dengan penyediaan yang diberikan oleh pembuluh darah koroner. Akibatnya otot jantung menjadi kekurangan oksigen sehingga dapat menimbulkan gangguan yang cukup serius pada jantung. 

Gangguan PJK terletak pada pembuluh darah koroner. Kelainananya berupa proses perkapuran (aterosklerosis) dalam berbagai tingkat mulai dari penyempitan ringan sampai suatu saat terjadilah penyumbatan total dari dinding pembuluh darah. Penderita biasanya mengeluh nyeri dada sebelah kiri seperti rasa tertekan. Kadangkala nyeri menjalar ke lengan kiri ataupun dagu. Faktor risiko terjadinya aterosklerosis dibedakan menjadi 2, yaitu : 

      1. Faktor risiko dapat dikendalikan

  • Merokok
  • Hipertensi
  • Kencing manis
  • Hiperkolesterol
  • Obesitas (kegemukan)
  • Kurang olahraga
  • Stress
  • Pemakai obat tertentu (Steroid)

     2Faktor risiko tidak dapat dikendalikan

  • Umur
  • Laki-Laki
  • Riwayat penyakit jantung pada keluarga 

Tanda - tanda penyakit jantung

  1. Ketidaknyamanan Dada ==> Salah salah ciri-ciri penyakit jantung yang perlu diwaspadai dan paling umum adalah rasa tidak nyaman pada dada. Memang saat seseorang memiliki sumbatan pada arteri atau serangan jantung, perasaan nyeri, sesak, hingga tekanan di dada dapat dirasakan. Gejala ini biasanya dirasakan lebih dari beberapa menit dan mungkin timbul saat sedang istirahat atau melakukan kegiatan yang bersifat fisik. Meski begitu, tidak menutup kemungkinan gejala ini tidak dirasakan, terutama pada wanita.
  2. Perasaan Pusing ==> Banyak hal yang dapat membuat kamu kehilangan keseimbangan atau merasa lemas dalam sesaat. Memang tidak menutup kemungkinan jika ini disebabkan belum mendapatkan asupan makanan atau minuman, serta berdiri terlalu cepat. Namun, jika merasa sulit menjaga kestabilan dan mengalami rasa tidak nyaman pada dada hingga sesak napas, pastikan untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Hal ini berguna untuk mendapatkan diagnosis dini agar pengobatan dapat segera dilakukan.
  3. Nyeri yang Melebar ke Lengan ==> Gejala serangan jantung yang kerap dirasakan adalah perasan nyeri yang menjalar dari dada ke sisi kiri tubuh. Maka dari itu, saat merasa dada tidak nyaman dan diperparah dengan nyeri yang melebar hingga lengan, ada baiknya untuk segera mendapatkan pemeriksaan dari ahli medis. Jika benar disebabkan oleh serangan jantung, penanganan dini mampu dilakukan untuk mencegah kematian.
  4. Mendengkur ==> Meski banyak hal yang dapat menyebabkan seseorang mendengkur saat tidur, tetapi hal ini ternyata termasuk ciri-ciri penyakit jantung. Seseorang yang mendengkur dengan suara yang keras serta terdengar seperti terengah-engah dapat menjadi tanda jika mengalami apnea tidur. Hal ini menyebabkan napas berhenti sejenak beberapa kali dan memberikan dampak buruk pada jantung. Jika diketahui kamu rutin mengalami ini, ada baiknya melakukan pemeriksaan.

Selain keempat gejala di atas, ada pula beberapa ciri-ciri penyakit jantung lainnya yang mungkin dirasakan. Nah, berikut ini gejala penyakit jantung lainnya yang mesti diwaspadai.

  • Jantung berdebar atau detak jantung justru melambat.
  • Demam
  • Irama jantung berubah.
  • Pembengkakan pada lengan, perut, tungkai, atau sekitar mata.
  • Nyeri pada bagian leher, rahang, tenggorokan, dan punggung.
  • Pingsan atau terasa mau pingsan.
  • Batuk kering yang tak kunjung membaik.
  • Mual.
  • Ruam pada kulit.
  • Tangan dan kaki terasa dingin.
  • Warna kulit membiru (sianosis).

Upaya Pencegahan 

Upaya Pencegahan terhadap PJK tentunya dengan mengendalikan faktor-faktor risiko diatas. Tindakan pencegahan dapat dilakukan secara bertahap mulai dari pencegahan primer, sekunder dan tertier. Pencegahan primer adalah upaya mencegah PJK sejak dini sebelum terlihat adanya penyakit. Upaya yang lebih diarahkan kepada usaha promotif seperti kampanye anti rokok dan menganjurkan kebiasaan melakukan oleha raga kepada masyarakat. Mendidik masyarakat tentang pola makan sehat juga merupakan pencehagan primer. Dengan cara menganjurkan mengkomsumsi makanan kaya serta dan rendah kolesterol.

Makanan seperti tempe dan tahu yang masih dianggap sebagai makanan kelas bawah oleh  sebagian masyarakat ternyata sangat baik untuk melindungi kesehatan jantung.

Keunggulan Tempe 

  • Tempe memiliki kandungan protein, asam lemak tak jenuh dan serta yang tinggi. Tempe mempunyai efek menurunkan kadar kolesterol total dan kolesterol Low-Density Lipoprotein (LDL) / Kolesterol jahat serta dapat meningkatkan kolesterol High-Density Lipoprotein (Lipoprotein densitas tinggi) 
  • Secara tidak langsung tempe juga mempunyai efek anti aterogenik yang mampu mencegah timbulnya PJK

Pencegahan sekunder ditujukan untuk mencegah serangan ulangan pada orang yang sudah  perkena Penyakit Jantung Koroner (PJK)

Bentuk pencegahan sekunder seperti seperti penderita diharapkan melakukan pola gaya hidup sehat dengan menghentikan kebiasaan merokok, mematuhi petunjuk olahraga, mengatur pola makan sehat serta mengendalikan penyakit yang dimilikinya seperrti hipertensi. Kencing manis dan kegemukan

Pencegahan tertier merupakan program rehabilitasi dan mencegah kecacaran lebih lanjut. 

Demikian artikel dari mimin, semoga bermanfaat dan salam sehat selalu ya sobat.. :) !


Sumber :

  • American Heart Association. Diakses pada 2021. Coronary Artery Disease - Coronary Heart Disease.
  • Healthline. Diakses pada 2021. Everything You Need to Know About Heart Disease.
  • Kemenkes - Sehat Negeriku. Diakses pada 2021. Penyakit Jantung Penyebab Kematian Terbanyak ke-2 di Indonesia.
  • National Institutes of Health - MedlinePlus. Diakses pada 2021. Heart Diseases,
  • Halodoc
  • Pkm Padasuka Kota Bandung
















8 komentar untuk "Tanda - tanda penyakit jantung yang mesti diketahui"

  1. Artikel keren dan sangat bermanfaat

    BalasHapus
  2. Baik, terima kasih bu sudah berkunjung

    BalasHapus
  3. Duh, ngeri, beberapa tahun terakhir saya tidur mendekur. Padahal sebelumnya tidak pernah. Selamat malam, Cung.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam juga,, semoga sehat selalu ya oma, terima kasih sdh berkunjung

      Hapus
  4. Waduh, ngeri2 juga nih gejalanya. Semoga kita always sehat ya Pak. Salam mantab

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin.. Semoga kita semua sehat selalu pak Ozy, terima kasih sudah berkunjung 👍

      Hapus